Breaking News
Saturday, September 17, 2016

Info Post
Selasa, 6 September 2016

Pada pagi hari ini kami akan mendaki di Gunung Gwanaksan (san = gunung) yang cocok untuk pemula atau belum pernah naik gunung sekalipun. Ukuran gunung yaitu sekitar 500 mdpl dan lokasinya yang dekat dengan Seoul membuatnya mudah warga Seoul untuk mengunjungi dalam satu hari. Lokasi Gwanaksan terletak di belakang kampus SNU (Seoul National University). Untuk menuju daerah ini bisa di tempuh dalam 45 menit perjalanan naik kereta. naik kereta line 2 kemudian turun di stasiun SNU. Kemudian bisa jalan kaki mengikuti papan petunjuk ke Gwanaksan. Setelah sampai kamu bisa memilih rute mana yang cocok. Di Korea kebanyakan orang tua, paman dan bibi yang suka naik gunung, berbeda sekali dengan Indonesia yang kebanyakan anak muda. Jalanannya berbatu sehingga aman dinaiki bagi pemula. Saat ada tanjakan tajam juga terdapat tali bantu, jadi cukup aman. Saat kami ingin turun dari puncak, kami dibantu ahjumma dan ahjussi untuk balik pulang setelah dari puncak gunung. Di Gwanaksan kami bertemu juga dengan orang-orang Korea yang pernah bertahun-tahun tinggal di Indonesia.
Peta SNU

Kami sampai bawah Gwanaksan saat siang hari menjelang sore hari. Setelah itu, kami kembali ke guesthouse untuk berganti baju. Lalu malam harinya kami pergi ke Gangnam, tepatnya di K-Star Road. Disana ada layar sentuh, dimana berisi informasi spot sekitar Gangnam yang suka dikunjungi artis-artis Korea dan biasanya hari apa dia kesana wkwk. K-Star Road juga memiliki patung beruang yang masing-masing merepresentasikan grup K-Pop terkenal. Masing-masing patung juga dipoles dengan ciri khas yang berbeda-beda dan terlihat unik. Kamu dapat  berfoto di boneka beruang tersebut dengan label K-Pop Group seperti Shinee, BTS, Exo dll. Untuk menuju K-Star Road kamu harus turun di Stasiun Apgujeong. Uniknya, stasiun ini terlihat berbeda sekali dengan stasiun lainnya karena sangat wah, luxurious, karena artis-artis Korea mungkin sering berseliweran dan berbelanja disini. Gangnam merupakan daerah toko branded dan juga pusat  perusahaan bakat utama, produser, dan penerbit musik, sebut saja Cube Entertainment yang mewakili grup seperti BEAST dan 4MINUTE; JYP Entertainment yang menaungi Wonder Girls, miss A, dan 2PM; hingga SM Entertainment yang menaungi Girl's Generation, SHINee, f(x), dan EXO.

Setelah itu kami pulang ke guesthouse untuk persiapan packing karena besok kami akan pulang ke Jakarta. Bye bye Seoul :')

Rabu, 7 September 2016

Pada siang hari kami siap-siap dari guesthouse ke bandara Incheon naik AREX all-stop train, bayar sekitar 4000 won. Pesawat pun berangkat ke Kuala Lumpur.

Setelah sampai Malaysia pada malam hari kami beristirahat dan makan di bandara KLIA2. Lalu kami terbang dari KL ke Jakarta pada pukul 07.00 waktu Malaysia dan tiba di bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.00 WIB. Sungguh petualangan yang menyenangkan, berharga, dan  menambah pengalaman, yakni kesempatan melihat dunia yang lebih luas, menambah skill keilmiahan, juga bertemu teman-teman dari berbagai negara dan budaya. Alhamdulillah :D

Baca selengkapnya seri Backpacker di Korea Selatan:
Day 1: KL, Incheon, City Hall
Day 2: Haneul Park, Seoul Central Mosque, N Seoul Tower, Myeongdong
Day 3: Insadong, Konferensi, Dongaemun
Day 4: Konferensi, Banpo Bridge Moonlight Rainbow Fountain
Day 5: National Folk Museum of Korea, Gyeongbokgung Palace, KTO, Cheonggyecheon Stream, Namdaemun, LINE Store
Day 6: Mendaki Gunung Gwanak, SNU, Gangnam K-Star Road