Breaking News
Loading...
Thursday, August 3, 2017

Info Post

[Masa Transisi]
@TifaniHayyu
Ketika sudah lulus S1, tibalah masa transisi. Inilah saatnya untuk memilih, apakah bekerja untuk orang lain ataukah mempekerjakan orang lain?

Menurut seminar persiapan kerja yang diselenggarakan di UI, terdapat 4 kategori pekerjaan setelah lulus. Yang pertama ialah akademisi, disusul praktisi, lalu ada juga startup, dan yang terakhir LSM.

Untuk akademisi, kebanyakan membutuhkan lulusan S2 keatas. Jadi kita yang baru lulus S1 masih harus ditempa pendidikan yang lebih tinggi. Sedangkan pekerjaan yang dilakukan tak jauh jauh dari urusan penelitian dan pengajaran.

Untuk praktisi, kebanyakan membutuhkan lulusan S1 dan pekerjaan yang dilakukan cenderung praktis.

Sedangkan startup lebih ke arah wirausahawan, entah itu ke arah teknopreneur ataupun sociopreneur. Bisa jadi juga gabungan antara keduanya. Banyak ups and downs yang akan dialami bidang pekerjaan ini.

Lalu yang terakhir ialah LSM, contohnya seperti bekerja di lembaga zakat, ataupun lembaga lain yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Disini kepekaan sosial kita akan begitu terasah.

Keempat bidang kerja tersebut memiliki nilai-nilainya sendiri. Silahkan pilih yang kamu sukai. Jangan lupa bahagia dan keep struggling with your own choice! :)  #30DWC7 #30DWC #renungan #transisi #kuliah #kerja #startup #akademisi #praktisi #lsm #day29 #tifanihayyu #opini #tulisan #menulis #lifewriter

0 comments:

Post a Comment

Vlog @TifaniHayyu