Breaking News
Loading...
Tuesday, December 31, 2013

Info Post
8 Tips Berjualan Online Agar Dagangan Anda Cepat Laku


Akhir-akhir ini penjualan produk atau jasa secara online kian marak. Pembeli maupun penjual harus saling waspada dan berhati-hati agar tidak ada yang dirugikan. Berikut adalah 8 tips berjualan online agar dagangan anda cepat laku:

1. Miliki website / blog professional yang jelas info produk atau jasa yang dijual, juga tercantum nomor handphone, pin BB (pin BB saya 766e5ca1, add ya :)), YM, maupun email yang bisa dihubungi. Buatlah formulir pemesanan produk pada website / blog dengan tool gratis, seperti google drive (cara memasang formulir pemesanan pada blog klik disini). Pasanglah widget status online YM, widget akun twitter dan facebook. Loading time website / blog wajib diperhatikan, mengingat jika cukup lama pembeli akan malas membukanya. Minimalisir hiasan yang tidak perlu.

2. Beriklan di forum jual beli dan website jual beli seperti kaskus, indowebster, detik forum, tokobagus, berniaga, bukalapak (cara beriklan di forum dan web jual beli klik disini). Iklan anda akan lebih luas dilihat orang karena website tersebut banyak pengunjungnya. Beriklan dengan mencantumkan info produk atau jasa yang jelas, tidak bertele-tele, dengan mencantumkan foto asli dan kontak yang dapat dihubungi. 

3. Miliki akun twitter dan facebook, juga fanspage facebook. Hal ini diperlukan karena social media sangat potensial untuk menjaring pembeli, terutama pengguna dua social media yang telah disebutkan diatas. Berikan informasi yang berguna bagi calon pelanggan anda, misalkan toko online anda berjualan flashdisk, maka berikan informasi bagaiman cara membedakan flashdisk asli atau palsu, dan sebagainya.

4. Hadapi pembeli dengan ramah dan membalas SMS / YM / BBM / Twitter / FB dengan cepat. Karena jika anda lama membalas, pembeli akan segera mencari penjual yang lain. 

5. Anda harus bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami pelanggan. Misalnya paket pengiriman belum sampai-sampai, produk / jasa yang diterima berkondisi reject, dan sebagainya. Selalu bersikap ramah agar pembeli semakin yakin dan percaya dengan anda.

6. Miliki testimonial. Jika produk / jasa telah diterima pembeli, hubungi dia untuk memberikan testimonial. Jika pelayanan anda memuaskan, pembeli pasti bersedia memberikan testimonialnya.

7. Terima rekber (serba serbi rekber klik disini), jika pembeli meminta dan transaksi cukup besar. Rekber (rekening bersama) adalah perantara antara penjual dan pembeli. Pembeli akan memberikan uang kepada rekber, lalu penjual mengirimkan produk / jasa kepada pembeli. Setelah sampai, pembeli mengkonfirmasi kepada rekber, lalu rekber mengirimkan uang pembeli kepada penjual. 

8. Di dunia twitter, endorse artis (apa itu? klik disini) sudah biasa. Berikan produk anda secara cuma-cuma kepada artis / tokoh terkenal yang biasa memberikan jasa endorse lewat akun twitter mereka. Setelah produk sampai, mereka memberikan foto dirinya beserta produk anda disertai testimonial.

1 comments:

  1. mantab sob, makasih artikelnya...

    http://www.tokoobatku.com/obat-penyakit-stroke-herbal-ampuh/

    ReplyDelete

Vlog @TifaniHayyu