Breaking News
Loading...
Friday, March 9, 2012

Info Post
1. Windows Mobile.
  • Merupakan salah satu sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Microsoft, dan didesain untuk digunakan pada smartphone dan perangkat nirkabel lainnya.
  • Sistem operasi saat ini adalah versi Windows Mobile 6.5 yang berbasis pada Windows CE 5.2 kernel, dan Fitur-fiturnya dikembangka dengan menggunakan Microsoft Windows API, OS ini didesai sedemikian rupa agar menyerupai pada versi komputer desktop.
  • Sebagai tambahan fiturnya digunakan Third Party Software Development, dan pertama kali dirilis sebagai sistem operasi Pocket PC 2000.
  • Sebagaian besar perangkat Software Windows Mobile dilengkapi dengan Stylus-Pen, yang berfungsi untuk memasukan perintah-perintah dengan cara men-tap-kannya di layar. 
  • Perangkat lunak yang menggunakan pada Windows Mobile seri 6.x tidak dapat di upgrade ke Windows Mobile seri 7.  Akhirnya Microsoft mengumumkan platform baru yaitu Windows 7 Series, pada saat acara Mobile World Congress pada 15 Februari 2010 di Barcelona.
  • Windows Mobile ini memiliki beberapa versi, diantaranya :
  1. Windows Mobile jenis Standard digunakan pada Non Touch Screen.
  2. Windows Mobile Professional digunakan pada Touch Screen (layar sentuh)
  3. Windows Pocket PC 2000 dibagi menjadi 2 versi yaitu sebagai fungsi ponsel dan sebagai tanpa fungsi ponsel.
2. Symbian.
  • Merupakan salah satu sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd, yang dirancang khusus untuk digunakan pada Mobile (peralatan bergerak).
  • Symbian memiliki sistem operasi yang mirip seperti sistem operasi desktop, yang mampu melakukan operasional secara Multithreading, Multitasking, dan pengamanan terhadap memori.
  • Untuk melakukan Pemograman Symbian ini dilakukan secara Event-Based yang artinya Hardware CPU menjadi tidak aktif pada saat tidak ada aktifitas penginputan tertentu.
  • Saham Symbian Ltd seluruhnya telah diambilalihkan oleh beberapa Vendor terkenal yaitu Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemen/BenQ (8,4%), dan Sony Ericsson (13,1%) pada 24 Juni 2008.
  • Versi yang terbaru dari Symbian adalah Symbian OS v9.5s, dan sistem operasi Symbian digunakan pada ponsel yang paling banyak beredar saat ini adalah Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s.
  • Pada Nokia Nseries rata-rata menggunakan sistem operasi Symbian OS v9.1s, kecuali pada Nokia N95 yang menggunakan sistem operasi Symbian OS v9.2s. 
  • Symbian mempunyai 4 klasifikasi sistem operasi dari API, diantaranya :
  1. (API) Symbian Umum.
  2. (API) Symbian Umum Tergantikan.
  3. (API) Symbian Opsional.
  4. (API) Symbian Opsional Tergantikan.
3. Blackberry.
  • Merupakan salah satu sistem operasi pada perangkat selular yang menggunakan Reseach In Motion (RIM) Multi-tasking operating system yang mempunyai kemampuan layanan Push e-mail, Telepon, SMS, menjelajah Internet, dan berbagai Nirkabel lainnya.
  • Salah satu keunggulan dari Blackberry dalah penggunaan Gadget canggih yang begitu Fenomenal saat sekarang, sehingga dijadikan suatu kebutuhan Fashion.
  • BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada yang mempunyai kemampuan menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
  • Yang menyediakan dukungan bagi MIDP 1.0 dan WAP 1.2 dengan pelengkap MIDP yang memungkinkan sinkronasi jaringan nirkabel melalui e-mail dan kalender Microsoft Exchange Server, juga e-mail Lotus Domino.
  • Di Indonesia Blackberry beredar mulai pertengahan Desember 2004 melalui Perusahaan Indosat dan StartHub yang menyediakan layanan Blackberry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server.
  • Pasar BlackBerry setelah itu diramaikan oleh dua operator besar lainnya, seperti Excelcom dan Telkomsel, dimana Excelcom menyediakan dua pilihan layanan yaitu BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server+ (BES+).
  • Sejauh ini, fasilitas BlackBerry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.
    BES+ merupakan layanan gabungan antara dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui Telepon Genggam.
  • Operator Telkomsel hanya menyediakan BlackBerry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan BlackBerry Enterprise Server. Pada awalnya, layanan BlackBerry hanya bisa diakses melalui Smartphone BlackBerry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas BlackBerry Connect yang memungkinkan BlackBerry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dll. 
4. iPhone.
  • Merupakan salah satu sistem operasi versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan yang dikembangkan oleh Apple Inc. dirilis 27 Juli 2007.
  • Sistem operasinya  dapat diupdate secara berkala melalui iTunes secara gratis dan merupakan salah satu telepon genggam yang memiliki fungsi berupa kamera, pemutar multimedia, SMS, Voicemail, dan yang jelas dapat dihubungkan dengan Internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain.
  • Dalam antarmuka dengan user menggunakan layar sentuh multi-touch atau disebut juga dengan "layar sentuh kapasitif" dengan papan ketik virtual dan tombol. 
  • Iphone memiliki beberapa generasi, yaitu :
  1. Generasi 1 yaitu yang mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 memiliki 2 model yaitu, model 4 GB dengan harga sekitar US$499 dan model 8 GB dengan harga sekitar US$599, tetapi dengan persyaratan harus kontrak dengan AT & T selama 2 tahun, dipasarkan di AS.  
  2. Generasi 2 yaitu dinamai dengan iPhone 3G yang memiliki  fitur 3G, diluncurkan di berbagai negara pada 11 Juli 2008, memiliki 2 model, yaitu model 8 GB dengan harga sekitar US$199 dan model 16 GB dengan harga sekitar US$299, dan syarat harus kontrak dengan AT&T selama 2 tahun.
  3. Generasi 3 yaitu disebut dengan  iPhone 3GS yang diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009, memiliki  2 model yaitu model 16 GB dengan harga sekitar US$199 dan model 32 GB dengan harga sekitar US$299, dengan syarat harus kontrak dengan AT&T selama 2 tahun.
  4. Generasi 4 yaitu disebut denga iPhone 4 yang diluncurkan pada akhir Oktober 2010, pada saat peluncuran sebelumnya, iPhone 4 dikabarkan memiliki banyak masalah.
  • Untuk spesifikasi iPhone, yaitu :
  1. Memiliki kamera, untuk generasi 1 dan 2 mempunyai resolusi sebesar 2 megapixel, untuk generasi 3 mempnyai resolusi sebesar 3.2 megapixel.
  2. Memiliki video rekam, dimulai dari generasi 3, untuk generasi 1 dan 2 tidak memiliki video rekam, sehingga pengguna dapat melihat film atau TV.
  3. Perangkat lunak yang dapat mengunggah foto.
  4. Memiliki hampir 100 ribu aplikasi yang dijual di iTunes melalui komputer, baik langsung mengunduh melalui Apps Store (kapasitas maksimal 10 MB) ataupun langsung di iTunes.
  5. Sistem operasinya menggunakan versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan, yang memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB, dan dapat diupdate secara berkala melalui iTunes secara gratis.
  • Dalam waktu dekat akan meluncurkan iPhone generasi 4 atau disebut iPhone 4 yang memperbaiki fitur-fitur generasi sebelumnya. 
5. Android.
  • Merupakan salah satu sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon selular yang dirilis 5 Nopember 2007 yang dikembangkan oleh Android Inc, dan memiliki Platform yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri yang digunakan untuk bermacam peranti bergerak.
  • Dikembangkan oleh sekitar 34 perusahaan terdiri dari perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi seperti Google, HTC, Intel, Motorolla, Qualcomm, T-Mobile, dan Nividia.
  • Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc. kemudian diambil alih oleh Google Inc. sebagai pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel, Google merilis kode–kode Android di bawah Lisensi Apache yaitu sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
  • Android memiliki beberapa versi dan kelebihannya yaitu :
  1. Android versi 1.1 dirilis oleh Google  pada 9 maret 2009 yang dilengkapi dengan pembaharuan pada aplikasi, jam alarm, Voice Search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan melalui email.
  2. Android versi 1.5 atau Cupcake pada pertengahan Mei 2009, Google merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan Software Development Kit (SDK), pada versi ini ada penambahan beberapa fitur dalam seluler yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
  3. Android versi 1.6 atau Donut dirilis pada September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding dari versi sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus, Kamera, Camcorder dan galeri yang dintegrasikan CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine, kemampuan dial kontak, teknologi Text to Change speech.
  4. Android versi 2.0/2.1 atau Eclair dirilis pada 3 Desember 2009 perubahan yang dilakukan diantaranya adalah  pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan Flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. 
  5. Android versi 2.2 atau Froyo (Frozen Yoghurt) dirilis 20 Mei 2010 dengan melakukan perubahan terhadap versi sebelumnya yaitu dukungan Adobe Flash 10.1, Kecepatan kinerja dan aplikasi 2 ~ 5 kali lebih cepat, Intergrasi V8 Java Script Engine pada Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, Pemasangan aplikasi dalam SD Card, Kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan Kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
  6. Android versi 2.3 atau Gingerbread yang dirilis pada 6 Desember 2010 dengan melakukan beberapa  perubahan yaitu Peningkatan kemampuan permainan (gaming), Peningkatan fungsi copy paste, Layar antarmuka (User Interface) didesain ulang, Dukungan format video VP8 dan WebM, Efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), Dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan Dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
  • Android secara garis besar memuliki beberapa fitur yaitu :
  1. Kerangka aplikasi yaitu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  2. Dalvik mesin virtual yaitu mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  3. Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  4. SQLite yang digunakan untuk penyimpanan data.
  5. GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  6. Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan Accelerometer yang tergantung pada hardwarenya.
  7. Mendukung media yaitu audio, video, dan berbagai format gambar seperti MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, dan GIF.
Sampai saat ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android yaitu pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan yang  kedua adalah benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau terkenal dengan sebutan Open Handset Distribution (OHD). 
http://wawanagung.blogspot.com/2011/01/perbedaan-antara-windows-mobile-symbian.html

Vlog @TifaniHayyu